cover
Contact Name
I Putu Mas Dewantara
Contact Email
mas.dewantara@gmail.com
Phone
+6281805381503
Journal Mail Official
mas.dewantara@gmail.com
Editorial Address
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Pendidikan Ganesha Jl. Udayana Kampus Tengah Singaraja, Bali, Indonesia 81116
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal Penelitian dan Pengembangan Sains dan Humaniora (JPPSH)
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Penelitian dan Pengembangan Sains dan Humaniora (JPPSH) is a journal that uses a double-blind peer review model that can be accessed online. The purpose of JPPSH is to publish a journal containing quality articles that will be able to contribute thoughts from a theoretical and empirical perspective for technological and educational advancement. The writings at JISH will significantly contribute to critical thinking in the scientific fields in general, particularly in the area of Social Sciences and Humanities.
Articles 20 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 3 (2021): Oktober" : 20 Documents clear
Tingkat Kinerja Karyawan Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Karyawan Yang Bekerja Dari Rumah (Work From Home) Selama Masa Pandemi Covid 19 Rombe, Maria; Dongoran, Johnson
Jurnal Penelitian dan Pengembangan Sains dan Humaniora Vol 5, No 3 (2021): Oktober
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jppsh.v5i3.38536

Abstract

Kinerja karyawan menjadi tindakan nyata yang ditampilkan sebagai hasil kerja yang telah dikerjakan oleh karyawan sesuai dengan perannya dalam suatu organisasi atau perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kinerja karyawan dan mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja karyawan yang bekerja dari rumah selama pandemi Covid-19. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling yaitu responden yang benar-benar bekerja dari rumah selama pandemi Covid-19 dengan jumlah 10 karyawan. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh langsung dari jawaban responden melalui kuesioner. Data dianalisis menggunakan teknik analisis deskkriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kinerja karyawan menurun atau kurang maksimal. Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja karyawan yaitu motivasi, bonus, punishment, usia, latar belakang pendidikan, pengalaman kerja, latar belakang sosial budaya, lingkungan kerja, kepemimpinan, umpan balik rekan kerja, pengawasan dari atasan serta sistem upah. Adapun faktor lain yang mempengaruhi kinerja yaitu jaringan internet yang kurang stabil, fasilitas kurang memadai, kepuasan kerja, target penjualan, ruang gerak terbatas dan miskomunikasi.
Tingkat PHK Dan Faktor-Faktor Penyebab PHK Pada Industri Otomotif Selama Masa Pandemi Covid-19 Dominggus, Denisa; Dongoran, Johnson
Jurnal Penelitian dan Pengembangan Sains dan Humaniora Vol 5, No 3 (2021): Oktober
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jppsh.v5i3.38539

Abstract

Kebijakan pelaksanaan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) telah memberikan dampak pada meningkatnya jumlah karyawan yang di PHK. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat PHK dan mengidentifikasi faktor-faktor yang penyebab PHK pada industri otomotif selama pandemi Covid-19. Penelitian ini tergolong kedalam jenis penelitian penelitian kualitatif, dengan populasi yakni seluruh pelaku industri otomotif. Penarikan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Teknik purposive sampling, dengan jumlah sampel akhir yakni 7 orang  Manajer/Pimpinan dari industri otomotif. Pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan qiusioner. Dengan instrument penelitian berupa angket faktor penyebab PHK pada industri otomotif. Data hasil penelitian kemudian dianalisis dengan menggunakan Teknik analisis deskriptif kualitatif, yakni dengan mendeskripsikan data hasil penelitian yang kemudian disesuaikan dengan data hasil penelitian terdahulu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat PHK pada industri otomoti Kota Palopo meningkat menjadi 20% hingga 30%. Sedangkan faktor-faktor penyebab PHK yaitu menurunnya permintaan yang drastis seiring melemahnya daya beli masyarakat, adanya karyawan yang tidak mencapai target penjualan, serta karyawan yang memasuki usia pensiun dan karyawan kontrak yang masa kontraknya telah habis.
Dampak Pemotongan Gaji pada Perusahaan dan pada Karyawan Selama Masa Pandemic Covid 19 Sampe, Putri Diana; Dongoran, Johnson
Jurnal Penelitian dan Pengembangan Sains dan Humaniora Vol 5, No 3 (2021): Oktober
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jppsh.v5i3.38584

Abstract

Pandemi covid-19 memberikan dampak negarif bagi prekonomian, salah satunya pada perusahaan yang mengambil tindakan pemotongan gaji bagi karyawan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dampak pemotongan gaji pada perusahaan dan pada karyawan selama masa pandemi covid 19. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 10 responden yang terdiri dari satu pimpinan dan sembilan karyawan. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh langsung dari jawaban dari pimpinan dan karyawan yang dikumpulkan melalui kuesioner. Kuesioner yang digunakan adalah jenis kuesioner terbuka. Data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penurunan pendapatan karyawan akibat dari pemotongan gaji yaitu antara 15% hingga 20%. Dampak pemotongan pada perusahaan mencakup dua hal yakni keuangan perusahaan khususnya dalam sisi pengeluaran yang juga diharapkan bisa menopang kestabilan perusahaan dan beban kerja karyawan dikurangi, sedangkan dampak pemotongan gaji pada karyawan diantaranya yaitu sulit dalam mengelola atau mengatur keuangan, kredit-kredit yang menunggak, kebutuhan karyawan tidak sepenuhnya terpenuhi, beban ekonomi yang semakin meningkat sementara gaji dipotong, motivasi kerja menurun, rasa disiplin yang menurun, acuh tak acuh terhadap pekerjaan, dan hasil kerja yang tidak maksimal. 
Sikap Ekslusivisme Masyarakat Tionghoa Tangerang terhadap Penguasaan Ekonomi Pasar Triana, Lisda; Fadila, Muhamad Abi; Utami, Aulia Ulfa; Husien, Azzumar Abdillah; Sulaeman, Sulaeman
Jurnal Penelitian dan Pengembangan Sains dan Humaniora Vol 5, No 3 (2021): Oktober
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (284.676 KB) | DOI: 10.23887/jppsh.v5i3.37322

Abstract

Di Indonesia kegiatan usaha kecil menengah didominasi oleh masyarakat Tionghoa yang memiliki peran dalam perekonomian. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sikap ekslusivisme masyarakat tionghoa terhadap penguasaan ekonomi pasar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan metode penelitian kualitatif, penelitian ini didalamnya melakukan observasi langsung ke lapangan, dan pendekatan fenomenologi. Hasil penelitian ini yaitu ajaran konfusianisme merupakan ajaran konfusius berupa etika dan moral yang saling berhubungan antar manusia mengandung unsur-unsur sifat bijak manusia yang berpedoman pada sifat yang terpuji, jika ada kekacauan di masyarakat dapat diatasi. Kedatangan etnis tionghoa ke nusantara belum ada gambaran yang jelas tetapi sudah lama sebelum jayakarta dikuasi oleh belanda di bawah pimpinan Jan Pieterszoon Coen pada tahun 1619. Pemahaman mereka terhadap kofusianisme tidak terlalu mengenal ajaran yang diajarkan kofusius, namun secara tidak sadar perilaku berdagang etnis Tionghoa sebagian mencerminkan ajaran konfusius, tidak terlalu ambisius, sederhana dan tetap meghargai usaha yang dikerjakan dengan menjaga kualitas barang.
Kreativitas Karyawan yang Kena PHK di Masa Pandemi Covid-19 dalam Menciptakan Lapangan Pekerjaan Baru Bala, Selviani Lobo; Dongoran, Johnson
Jurnal Penelitian dan Pengembangan Sains dan Humaniora Vol 5, No 3 (2021): Oktober
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jppsh.v5i3.38535

Abstract

Salah satu dampak dari pandemi covid-19 adalah maraknya Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kreativitas karyawan yang kena PHK di masa pandemi covid-19 dalam menciptakan lapangan pekerjaan baru. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik pengambilan sampel  menggunakan metode purposive sampling yaitu responden yang benar-benar terkena PHK selama masa pandemi covid-19. Jumlah sampel yang digunakan yaitu 10 karyawan yang terkena PHK selama masa pandemi covid-19. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh langsung dari responden melalui kuesioner. Kuesioner yang digunakan merupakan jenis kuesioner terbuka. Data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas karyawan dalam penciptaan lapangan kerja baru sama dengan teori mencakup 16 hal yaitu rasa ingin tahu yang besar, memiliki pendapat sendiri, memiliki gagasan pemecah masalah, dapat bekerja sendiri, senang mencoba hal-hal baru, memiliki kemampuan elaborasi, bersikap terbuka terhadap pengalaman baru, inovatif, keinginan untuk menemukan dan meneliti, kelancaran, fleksibel, bekerja keras, pantang menyerah, berkomunikasih dengan baik, suka berimajinasi dan dapat mencari solusi dari masalah.
Evaluasi Layanan Kesehatan Maternal, Neonatal, dan Keluarga Berencana (KB) pada Masa Pandemi Covid-19 di Praktik Mandiri Bidan Sugandini, Wayan; Erawati, Ni Ketut; Mertasari, Luh
Jurnal Penelitian dan Pengembangan Sains dan Humaniora Vol 5, No 3 (2021): Oktober
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (306.984 KB) | DOI: 10.23887/jppsh.v5i3.39797

Abstract

Masa Pandemi COVID-19 menghabat seluruh komponen kehidupan, tidak terkecuali pelayanan kesehatan termasuk pelayanan kesehatan ibu dan anak di Praktik Mandiri Bidan (PMB). Tujuan penelitian ini menganalisis pelaksanaan layanan Maternal, Neonatal, dan Keluarga Berencana pada masa pandemic covid-19. Penelitian ini merupakan deskriptif kuantitatif survey. Populasi dalam penelitian ini adalah semua Praktik Mandiri Bidan yang ada berjumlah 52 PMB. Sampel yang digunakan PMB sebanyak 47 orang, data diambil menggunakan kuisioner dengan skala likert. Analisa data dengan analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian bahwa PMB di Kabupaten Buleleng 82,98% melaksanakan layanan kehamilan dengan sangat baik, 100% melakukan layanan Persalinan dengan sangat baik, 97.87% melaksanakan layanan masa nifas dan bayi baru lahir dengan sangat baik, dan 76,59% melaksanakan pelayanan keluarga berencana dengan sangat baik, mengacu kepada standar pelayanan di masa pandemic covid-19. Maka, layanan Maternal, Neonatal, dan Keluarga Berencana dilaksanakan dengan sangat baik, sesuai standar pedoman dari Kemenkes, masyarakat mendapatkan layanan sesuai kebutuhan, klaster baru penyebaran covid-19 dapat dicegah khususnya di Kabupaten Buleleng.
Penerapan Menu Engineering dalam Penetapan Profitabilitas Menu A’la Carte Ramadhani, Aisyah Fadhilla; Asnur, Lise
Jurnal Penelitian dan Pengembangan Sains dan Humaniora Vol 5, No 3 (2021): Oktober
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (405.311 KB) | DOI: 10.23887/jppsh.v5i3.34636

Abstract

Pada masa pandemi covid-19 seperti saat ini perkembangan dunia pariwisata Indonesia mengalami penurunan kunjungan yang sangat signifikan. Tujuan umum penelitian ini adalah untuk menganalisis Menu A’la Carte yang ada di Mentawai Restaurant Pangeran Beach Hotel Padang melalui metode menu engineering, dengan menggunakan metode ini dapat diketahui tingkat profitabilitas menu di Mentawai restaurant. Adanya penelitian ini diharapkan pihak hotel dapat melakukan evaluasi dan peningkatan dalam membuat kreasi menu makananan yang menarik konsumen, agar pendapatan Pangeran Beach Hotel Padang pada bagian food and beverage di Mentawai restaurant meningkat. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Deskriptif digunakan untuk mengetahui keberadaan variabel mandiri. Data dianalisis pada penelitian ini adalah tingkat profitabilitas Menu A’la Carte di Mentawai restaurant. Analisis data penelitian ini menggunakan teknik menu engineering worksheet pada microsoft excel. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa menu A’la Carte (Oktober - Desember 2020) dan (Januari-Maret 2021) yang memiliki profitabilitas yang tinggi sebanyak 25 menu.
Determinan Faktor yang Mempengaruhi E-Trust dan Minat Menggunakan Aplikasi Alodokter Pradita, Kadek Yoga
Jurnal Penelitian dan Pengembangan Sains dan Humaniora Vol 5, No 3 (2021): Oktober
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jppsh.v5i3.38683

Abstract

Pandemi Covid-19 menyebabkan keresahan pada masyarakat, sehingga peran aplikasi kesehatan digital sangat penting di masa pandemi. namun posisi aplikasi Alodokter digantikan oleh pesaingnya, sehingga diindikasikan bahwa minat menggunakan Alodokter menurun. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis determinan faktor yang mempengaruhi e-trust dan minat menggunakan aplikasi Alodokter. Populasi pada penelitian ini adalah pengguna aplikasi Alodokter. Penentuan sampel menggunakan insidential sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 105 orang responden. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik analisis data mengunakan pendekatan PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-WOM berpengaruh positif signifikan terhadap E-Trust pada aplikasi Alodokter. Fitur layanan tidak berpengaruh signifikan terhadap E-Trust pada aplikasi Alodokter. Perceived usefullness berpengaruh positif signifikan terhadap E-Trust pada aplikasi Alodokter. E-WOM tidak berpengaruh signifikan terhadap minat menggunakan pada aplikasi Alodokter. Fitur layanan tidak berpengaruh signifikan terhadap minat menggunakan pada aplikasi Alodokter. Perceived usefullness tidak berpengaruh signifikan terhadap minat menggunakan pada aplikasi Alodokter. E-Trust berpengaruh positif signifikan terhadap minat menggunakan pada aplikasi Alodokter. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan masukan serta pertimbangan bagi manajemen aplikasi Alodokter agar lebih membuka wawasan dalam meningkatkan minat menggunakan aplikasi Alodokter yang dapat dilakukan dengan meningkatkan perceived usefullness dari aplikasi Alodokter.
Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan Ariesni, Selfi; Asnur, Lise
Jurnal Penelitian dan Pengembangan Sains dan Humaniora Vol 5, No 3 (2021): Oktober
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (280.652 KB) | DOI: 10.23887/jppsh.v5i3.34675

Abstract

Kinerja karyawan belum sesuai dengan yang diharapkan, hal ini disebabkan adanya karyawan front office dan F&B yang saat bekerja tidak berada ditempat, pergi keluar hotel dan baru kembali saat akan mengambil absen pulang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis displin kerja terhadap kinerja karyawan. Pendekatan asosiatif kausal dengan bentuk penelitian kauntitatif adalah jenis penelitian yang dipakai pada penelitian ini. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling dengan jumlah karyawan sebanyak 30 orang yang dijadikan sebagai populasi dan sampel pada penelitian ini. Jenis data yang digunakan dalam penelitian yaitu data primer melalui penyebaran kuesioner dan data sekunder dari absensi dan performance review karyawan. Metode pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data dengan uji persyaratan analisis dan juga pengujian hipotesis dengan teknik analisis regresi linear sederhana dan koefisien determinan dengan bantuan SPPS 20.00. Hasil penelitian menunjukkan displin kerja di kategori baik (50%), kinerja karyawan di kategori tinggi (63,33%.). Uji regresi linear sederhana sebesar 12,494 nilai signifikan sig 0,007 < 0,05. Nilai R square 0,229. 22,9% disiplin kerja dapat mempengaruhi kinerja karyawan dan 77,1%  selebihnya yang mempengaruhi kinerja karyawan adalah faktor lain. Nilai t sebesar 007dengan nilai signifikan 0,007 < 0,05 sehingga diperoleh adanya pengaruh yang signifikan antar kedua variabel. Pengujian koefisien regresi nilai 0,585 yang nilai signifikannya 0,007 < 0,05 dimana setiap satuan disiplin kerja dapat menaikkan 0,585 satuan kinerja karyawan. Maka, disiplin kerja berpengaruh terhadap kinerja karyawan.
Faktor-faktor yang Berpengaruh Terhadap Minat Penggunaan Fasilitas E-Filing dalam Penyampaian SPT Secara Online Sugiartana, I Wayan; Handayani, Made Mulia
Jurnal Penelitian dan Pengembangan Sains dan Humaniora Vol 5, No 3 (2021): Oktober
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (298.394 KB) | DOI: 10.23887/jppsh.v5i3.39743

Abstract

Direktorat Jenderal Pajak dalam usaha mengantisipasi perkembangan informasi dan teknologi, berusaha untuk memenuhi aspirasi wajib pajak dengan mempermudah tata cara pelaporan SPT baik itu SPT masa maupun SPT tahunan melalui e-filing. Namun saat ini belum semua wajib pajak menggunakan e-filing karena kurangnya sosialisasi dari Direktorat Jendral Pajak (DJP) atau mungkin wajib pajak belum bisa menerima teknologi baru dalam pelaporan pajaknya. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan secara empiris pengaruh persepsi kegunaan, persepsi kemudahan, kesiapan teknologi informasi wajib pajak dan efektivitas sistem terhadap minat penggunaan fasilitas e-filing dalam penyampaian SPT secara online. Jumlah sampel penelitian sebagai subjek dalam penelitian ini ditentukan dengan rumus Slovin sebanyak 100 orang wajib pajak orang pribadi. Data dianalisis dengan menggunakan uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji kelayakan model dan uji hipotesis (uji t). Hasil penelitian menunjukkan persepsi kegunaan, persepsi kemudahan, kesiapan teknologi informasi wajib pajak, dan rfektivitas sistem berpengaruh positif terhadap minat penggunaan fasilitas e-filing dalam penyampaian SPT secara online. Implikasi hasil penelitian, Ditjen Pajak diharapkan meningkatkan kualitas pelayanannya dalam memperkenalkan e-filing, meningkatkan sosialisasi e-filing dan meningkatkan fasilitas sistem e-filing baik dalam kecepatan akses, memperbanyak ASP atau koneksi terhadap perangkat sistem akuntansi yang dimiliki oleh wajib pajak.

Page 1 of 2 | Total Record : 20